Beranda » Blog » Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Diposting pada 23 September 2022 oleh BANG YOK / Dilihat: 1.260 kali

Printer adalah salah satu aksesori pelengkap komputer yang wajib Anda miliki. Anda dapat dengan mudah menemukan printer di toko komputer. Meski begitu, printer memiliki jenis-jenis tertentu.

Setiap jenis printer memiliki fungsi dan tujuan penggunaannya tersendiri. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih printer. Jangan sampai Anda memilih printer yang tidak sesuai dengan kebutuhan sebenarnya.

Selain itu, setiap printer juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan harga yang berbeda. Nah, bagi Anda yang akan mencari printer, inilah macam-macam jenis dan fungsinya.

Toko Komputer

pixabay.com

Beragam Jenis Printer di Toko Komputer

Printer berasal dari kata ‘print’ yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai ‘cetak’. Dari arti namanya saja pasti Anda sudah mengetahui apa fungsi dari alat ini. Ya, printer berfungsi untuk mencetak.

Di dalam dunia komputer, printer termasuk ke dalam salah satu perangkat keras atau hardware. Printer ini akan menyajikan hasil representasi dari tulisan atau grafis ke dalam sebuah kertas atau media lainnya.

Karena fungsinya yang cukup penting, maka alat ini sudah menjadi kebutuhan umum dan mudah untuk ditemukan. Ternyata, pinter juga terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Inilah beberapa macamnya.

Printer Laserjet

Pada urutan pertama ada jenis printer yang paling umum, yaitu laserjet. Printer satu ini menggunakan laser sebagai media utama pencetakannya. Anda dapat menemukan printer laserjet ini di berbagai toko komputer.

Keunggulan dari printer laserjet adalah cetakannya yang lebih tajam dan cepat. Selain itu, printer ini juga tidak menggunakan tinta sehingga jauh lebih hemat biaya.

Printer Thermal

Ketika Anda pergi ke toko swalayan, pasti printer ini ada di meja kasir. Thermal printer menggunakan panas untuk mencetak. Keuntungan dari printer ini adalah prosesnya lebih halus sehingga tidak berisik dan juga memiliki kecepatan cetak tinggi.

Namun, printer thermal juga memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa menggunakan sembarangan kertas. Anda harus menggunakan kertas khusus thermal untuk bisa mencetak.

Printer Inkjet

Ini juga menjadi printer yang paling umum digunakan dan banyak ditemukan di toko komputer. Cara kerja printer ini adalah dengan cara menyemprotkan tinta pada sebuah kertas untuk nantinya membentuk gambar atau dokumen.

Nantinya semacam plat magnet akan menyalurkan tinta ke atas kertas dengan bentuk yang telah diinstruksikan oleh komputer atau drivernya. Kualitas dari printer ini umumnya juga tidak terlalu jauh dari laserjet.

Printer Dos Matrix

Di daftar berikutnya ada printer dos matrix. Printer ini menerapkan sistem pembentukan karakter yang berasal dari jarum-jarum di dalamnya. Jarum tersebut akan menekan pita sehingga memunculkan hasil cetakan di atas kertas.

Uniknya, printer dos matrix juga menggunakan pita untuk menjadi sumber tinta bersama dengan pin. Hasil cetakan printer ini akan berupa titik-titik kecil yang berjumlah sangat banyak. Titik tersebut kemudian membentuk karakter yang diinginkan.

Printer Plotter

Terakhir ada printer plotter yang digunakan untuk mencetak grafis pada permukaan kertas, vinyl, sticker, dan juga berbagai barang berukuran besar lainnya. Printer jenis ini biasanya dimiliki oleh pemilik usaha jasa printing.

Ukuran dari printer ini cukup besar dengan kecepatan cetak yang sangat baik. Meski ukurannya besar, tetapi printer ini tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising.

Umumnya berbagai jenis printer tersebut tersedia di toko komputer. Anda bisa membeli printer sesuai dengan kebutuhan saja. Sebab, setiap jenis printer juga memiliki rentang harga yang beragam, dari standar hingga mahal.

Bagikan ke

Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Keyboard Komputer Tidak Berfungsi, Cek Koneksi Fisik dan Port
2 April 2024

Keyboard komputer tidak berfungsi tentu akan mengganggu serta menghambat kenyamanan saat kita menggunakan perangkat tersebut. Meskipun harga komputer terbilang tinggi,... selengkapnya

Kabel Power CPU dengan Fungsinya yang Sangat Penting
16 March 2023

Kabel power CPU menjadi salah satu alat penting untuk menghubungkan perangkat komputer yang harus selalu ada. Tentunya kabel CPU sudah... selengkapnya

Fungsi Router Wireless TP-Link, Pahami Sebelum Beli di Toko Komputer!
29 September 2022

Kendala koneksi internet membuat sebagian besar masyarakat beralih menggunakan router wireless. Adapun salah satu merek router wireless yang banyak diminati... selengkapnya

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet
14 April 2024

USB dongle WiFi merupakan salah satu perangkat elektronik yang tersedia di toko komputer. Meski berukuran kecil, komponen berperan meningkatkan fungsionalitas... selengkapnya

TP Link TL-WR820N, Router Minimalis Namun Berkualitas
23 February 2023

TP Link TL-WR820N bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari wireless router dengan harga murah namun kualitasnya tetap terbaik.... selengkapnya

Cara Mengoperasikan Desktop Jarak Jauh dengan Lebih Mudah
16 April 2024

Desktop jarak jauh ternyata tetap bisa diakses. Para penggunanya bisa mengakses perangkat yang dibeli di toko komputer secara jarak jauh.... selengkapnya

Keunggulan Printer Epson L121, Cocok untuk Cetak Berkas Sendiri
2 February 2023

Printer Epson L121 bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari printer dengan kualitas terbaik dan menawarkan banyak keunggulan. Printer... selengkapnya

Cara Merawat Monitor Komputer Agar Tidak Mudah Rusak
29 March 2024

Merawat monitor komputer menjadi hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh semua pemilik dan pengguna komputer. Sebab,... selengkapnya

Beli Laptop Di Tempat Toko Komputer Terdekat, Ini Yang Perlu Anda Perhatikan
22 October 2022

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat toko komputer terdekat, untuk membeli laptop yang sesuai kebutuhan, ada baiknya jika Anda membaca... selengkapnya

Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya
13 March 2023

Susunan kabel HDMI menjadi salah satu informasi yang sangat penting, terutama bagi Anda yang seringkali menggunakannya. Melalui susunannya inilah, jenis... selengkapnya

Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: