Beranda » Blog » Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Diposting pada 21 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 81 kali

Dalam memenuhi kebutuhan jaringan, komputer seringkali bekerja sama dengan router. Meskipun kegunaannya sangatlah penting, namun nyatanya masih ada sebagian orang yang belum memahami bagaimana cara kerjanya. Untuk mengetahui cara kerja router, cermati saja uraian lengkap di bawah ini.

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

freepik.com

Pahami Cara Kerja Router

Router termasuk salah satu perangkat jaringan yang mampu memberikan kinerja maksimal. Router ini berperan penting dalam mengarahkan paket data jaringan sehingga bisa bergerak secara efisien di perangkat yang membutuhkannya.

Dalam ketersediaannya, ada router berupa hardware maupun software di dalam komputer. Dengan bentuk apapun itu, perangkat ini bisa menyambungkan jaringan ke dalam internet.

Untuk menunjang fungsi maupun kinerjanya dengan baik, router memiliki mekanisme kerja tersendiri. Adapun cara kerja perangkat yang biasanya ada di toko komputer ini ialah dengan menghubungkan beberapa jenis perangkat sekaligus ke jaringan internet.

Dengan demikian, perangkat tersebut bisa akses internet karena mendapatkan jaringan yang memadai. Dalam cara kerja ini, router awalnya akan menerima paket data yang berasal dari satu jaringan.

Kemudian router akan membaca alamat tujuan yang ada di paket tersebut. Setelah menganalisis alamat IP sumber maupun tujuan yang ada di paket data, lantas berupaya untuk mengenali jaringan.

Selanjutnya, router akan memanfaatkan kabel routing untuk menentukan jalur pengiriman paket ke jaringan tujuan. Selain routing, router biasanya juga menggunakan mekanisme pengalihan seperti halnya switching.

Dengan mekanisme pengalihan tersebut, pemindahan paket data pun bisa langsung ke port keluar. Melalui mekanisme tersebut, router akan terus bekerja secara berulang setiap mendapatkan paket data.

Manfaat Router

Grosir komputer menyediakan router dengan cara kerja maksimal bukan tanpa alasan. Alasannya tak lain karena perangkat ini memang memiliki banyak manfaat yang menguntungkan setiap penggunanya. Adapun beberapa manfaatnya ialah sebagai berikut.

Menghubungkan Jaringan

Sudah bukan rahasia lagi apabila router memberikan manfaat dalam menghubungkan jaringan. Dalam artian, menyambungkan suatu jaringan dengan jaringan yang lainnya.

Karena jaringan bisa tersambung dengan baik, maka perangkat mampu berfungsi secara optimal. Hal ini tidak hanya berlaku pada komputer saja, melainkan juga perangkat lainnya. Misalnya saja smartphone, laptop, CCTV dan lain sebagainya.

Arahkan Lalu Lintas Data

Tak banyak yang menyadari sepenuhnya bahwa router juga bermanfaat dalam mengarahkan lalu lintas data. Manfaat ini pun terasa semakin maksimal karena mampu melibatkan berbagai perangkat ataupun jaringan sekaligus.

Cara kerja router ini bisa membuat penggunanya merasa lebih praktis. Pengguna memang tidak perlu mengaturnya sendiri secara manual sehingga tak akan buang-buang waktu maupun tenaga.

Memudahkan Pembacaan Packet Filtering

Manfaat lainnya dari router ialah memberikan kemudahan dalam membaca packet filtering. Hal ini tidak lain karena router ada di OSI layer 2.

Karena posisinya tersebut, router bisa membaca sekaligus mengolah packet. Hal ini memungkinkan router bisa melakukan Qos di dalam jaringan tertentu.

Beda Router dan Routerboard

Tak sedikit yang kesulitan dalam membedakan router dan routerboard. Padahal keduanya memiliki perbedaan dari segi tampilan.

Untuk router, bisa berupa hardware maupun software sebagaimana uraian di atas. Namun untuk routerboard, biasanya berupa grafik. Hal ini memungkinkan pengguna tak perlu menuliskan perintah-perintah saat ingin memanfaatkannya karena cara kerja routerboard beda dengan router.

Harga komputer memang tinggi. Karenanya, jangan asal-asalan dalam memilih komponen pendukungnya. Gunakan router berkualitas dengan cara kerja mumpuni. Hal ini bisa membuat komputer semakin optimal dalam menjalankan kinerjanya sesuai dengan keinginan maupun keperluan pengguna.

Bagikan ke

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Baterai CMOS Berfungsi untuk Apa Saja? Simak Penjelasan Berikut
6 March 2023

Baterai CMOS berfungsi untuk memberikan daya ke CPU yang masih erat kaitannya dengan data dari sebuah perangkat lunak. Nah, mari... selengkapnya

Rekomendasi PC All In One, Dapatkan Sekarang di Toko Komputer!
1 October 2022

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, komputer desktop atau PC pun juga mengalami banyak perkembangan. Di toko komputer banyak tersedia... selengkapnya

Toko Aksesoris Komputer Melayani Grosir dan Eceran
21 November 2019

Agar anda bisa memperoleh pengalaman dan juga manfaat terbaik dari komputer atau laptop. Kadang anda dituntut agar bisa melengkapinya dengan... selengkapnya

Tempat Jual Komputer Terdekat, Produk Lengkap dengan Harga Terjangkau
31 January 2023

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan hadirnya komputer, aktivitas menjadi semakin lancar, baik itu... selengkapnya

Fungsi RJ45, Spesifikasi Hingga Cara Kerjanya pada Komputer
2 March 2023

Fungsi RJ45 cukup penting pada perangkat komputer. RJ atau Registered Jack merupakan standar peralatan pada jaringan. Hampir semua komponen komputer... selengkapnya

Pilih Pusat Grosir Aksesoris Laptop Berkualitas
25 October 2022

Sudah banyak supplier ataupun grosir aksesoris laptop yang bisa anda temukan. Meningkatkan jumlah grosir aksesoris untuk komputer tersebut seiring dengan... selengkapnya

Tang Crimping Berfungsi untuk Banyak Hal, Inilah 4 Komponen Pentingnya
11 March 2023

Tang crimping berfungsi untuk banyak hal dalam bidang instalasi listrik dan jaringan. Seperti menggunting, mengupas, hingga menjepit kabel berjenis Unshielded... selengkapnya

Keunggulan Cartridge Canon dan Cara Mengenali Produk Asli
20 June 2024

Tanpa adanya cartridge maka printer tidak dapat berjalan dengan normal. Pasalnya, fungsi cartridge ini adalah untuk menampung tinta. Kemudian terjadi... selengkapnya

Tips Memilih Keyboard Komputer untuk Berbagai Kebutuhan
17 May 2024

Memilih keyboard komputer yang tepat merupakan langkah penting dalam mendukung produktivitas saat bekerja atau menyelesaikan tugas. Terutama ketika menggunakan komputer... selengkapnya

Penjelasan Mengenai Hard Disk Drive atau HDD Caddy adalah
19 March 2023

HDD caddy adalah casing khusus untuk hard drive atau SSD yang terbuat dari bahan alumunium. Dalam casing ini ada bingkai... selengkapnya

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: